Selayang Pandang

Kabupaten Kaimana merupakan salah satu kabupaten dari pemekaran Kabupaten Fak-fak yang pembentukan Kabupaten Kaimana berdasarkan UU No. 26 Tahun 2002 tanggal 12 November 2002, yang diresmikan bersamaan dengan pelantikan pejabat bupati pada tanggal 11 April 2003.

Posisinya yang berada di bagian selatan Provinsi Papua Barat yang berbatasan dengan perbukitan dan berhadapan langsung dengan Laut Arafuru menjadikannya sebagai daerah yang kaya sumber daya alam serta memiliki potensi objek wisata yang melimpah dan eksotis.

Diantaranya adalah Teluk Triton yang namanya sudah begitu tersohor, panorama senja indah yang membuat Kaimana mendapat julukan sebagai Kota Senja. Berbagai spot-spot Diving, Snorkling, Mancing serta ragam wisata lainnya termasuk kearifan budaya lokal masyarakatnya yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan.

Dukungan akomodasi kepariwisataan di Kaimana pun juga cukup menunjang baik dari penginapan sampai transportasi seperti terdapat pelabuhan laut yang disinggahi kapal PT Pelni dan terdapat pula transportasi udara yakni Bandar Udara Utarum Kaimana

Dengan keberagaman potensi wisata yang melimpah, juga kearifan budaya lokal yang dimiliki masyarakatnya, Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kaimana menghadirkan media website sebagai penyambung informasi bagi wisatawan serta meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata Kaimana sebagaiamana tecantum dalam salah satu poin Misi Disbudpar Kaimana.

.

Alamat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.Kaimana:
Jalan Kasuarina, Krooy – Kec. Kaimana
Kabupaten Kaimana 98654 – Papua Barat
  Telp. –
  dinasbudpar@kaimanakab.go.id
    Map Google

.

VISI MISI

VISI

Terwujudnya Kaimana sebagai Destinasi Wisata alam dan budaya yang berdaya saing serta berkelanjutan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

MISI

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Kepariwisataan yang profesional.
  2. Meningkatkan pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah:
  3. Mengembangkan produk wisata daerah yang berkualitas, kreatif dan inovatif
  4. Meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata

.

TUPOKSI

Tugas

Adapun tugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana sebagaimana di atur dalam Peraturan Bupati Kaimana Nomor 3 Tahun 2017pasal 19 bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kebudayaan dan pariwisata berdasarkan asas Otonomi Daerah dan tugas Pembantuan.

.

Fungsi

Pada pasal 20 menyatakan bahwa dalam melaksanakan tugasnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  2. pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang kebudayaan dan pariwisata;
  4. pelaksanaan administrasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

.

Disamping tugas dan fungsi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana juga mempunyai kewenangan antara lain :

  1. Pelaksanaan bimbingan, konsultasi dan koordinasi di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  2. Pelaksanaan koordinasi dan konsultasi penyusunan perencanaan dan pelaksanaan promosi daerah dalam jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek;
  3. Pelaksanaan penyusunan Rencana Anggaran dan Belanja Kantor Kebudayaan dan Pariwisata yang dikoordinasikan oleh Kepala Dinas;